Bunga Wijaya Kusuma

Semalam kira2 jam 22.30 malam saya diberi kesempatan utk melihat mekarnya  bunga Wijaya Kusuma di halaman depan rumah, merupakan bukan hal yg mudah dijumpai & bs diabadikan setiap hari, kenapa? Karena bunga Wijaya Kusuma atau dalam bahasa latinnya disebut  Epiphyllum Anguliger ini hanya akan mekar/merekah sempurna sekali saja pd malam hari sekitar jam 7 malam s/d jam 12 malam, selanjutnya akan kuncup lg pd pagi hari  & harum sekali saat merekah. sebenarnya bunga ini sangat jarang sekali berbunga, biasanya tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan…. utk itu moment ini langsung saya abadikan.

Wijaya Kusuma
Wijaya Kusuma (Epiphyllum Anguliger)

Ada beberapa anggapan/mitos juga yg saya baca dari wiki & blog2 yg beredar di intenet salah satunya adalah bunga Wijaya Kusuma ini adalah bunganya para raja jawa, dalam mitos perwayangan dikenal sebagai senjata Prabu Kresna yang mana bisa menghidupkan orang yg sudah meninggal, dikenal juga sebagai bunga pembawa keberuntungan. bagi yg melihat bunga ini mekar maka dia akan mendapatkan keberuntungan … ehmm, Wawlahhualam… deh semuanya Allah jg yang nentuin …

Berikut beberapa foto bunga Wijaya Kusuma yg saya ambil ;

IMG_0207.resized

IMG_0210.resized

Kenapa dinamakan bunga Wijaya Kusuma? katanya sih Wijaya adalah kemenangan, kusuma adalah kembang atau bunga. Jadi arti Wijaya Kusuma adalah kembang/bunga kemenangan.

sumber: selfexperience

4 thoughts on “Bunga Wijaya Kusuma”

  1. Memang benar mitos ini, hal ini terjadi pada saat malam menjelang pernikahan adik perempuan saya sekitar hampir 30 tahun silam.
    Bunga Wijaya Kusuma yang tumbuh didepan kamarnya dan jarang berbunga , tiba2 berbunga sepasang pada malam itu.
    Sayang tidak terpikirkan untuk memfoto bunga tersebut padahal saat itu kami sedang pesta.
    Dan kenyataannya memang benar , saat ini adik saya hidup bahagia dengan suaminya seorang penusaha yang sukses.

    Demikian kesaksian saya tentang bunga Wijaya Kusuma tersebut dan saya anggap mitos tersebut ada kebenarannya.

  2. Indah sekali memang…koleksi saya juga baru2 ini mekar dan sama persis jenisnya dengan yang ini. Saya punya dua jenis lagi bunga wijaya kusuma, yang ukuran bunga lebih kecil dan sangat kecil.

Leave a Reply

